Berita

Menyambungkan Program-IP4T Dengan Aspirasi Masyarakat Bersama Larasita

4 May 2010 | 20:26 - Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Selatan  -  Liputan mazboed@052010

Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Selatan

  EMAIL     PRINT


Menyambungkan Program-IP4T Dengan Aspirasi Masyarakat Bersama Larasita
Menyambungkan program-pertanahan dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat adalah merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Larasita. Pada kali ini kiprah Larasita adalah mendukung pra-pelaksanaan Program-IP4T yaitu Penyuluhan. Tepatnya pada hari Selasa tanggal 04 Mei 2010 telah dilaksanakan penyuluhan dengan mengambil tempat di Balai Desa Tanjung Heran Kecamatan Penengahan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim-Penyuluh Program-IP4T yang diwakili oleh Fauzun Nur, SH. (Kasi-III) dan Tim-Larasita Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Selatan yang diketuai oleh Ir. Budi Purwanto (Kasi-IV). Hadir dalam acara ini adalah Kepala Desa, Tokoh-tokoh masyarakat dan para peserta program.

Kegiatan Penyuluhan Inventarisasi Penguasaan Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Balai Desa Tanjung Heran ini berlangsung dari pukul 10.30 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB. Materi penyuluhan yang disampaikan berkisar tentang dasar hukum pelaksanaan, maksud dan tujuan program serta keuntungan yang akan diperoleh baik oleh pemilik tanah maupun pemerintah. Antusiasme masyarakat cukup baik meskipun kegiatan tersebut  tidak sampai pada proses sertipikasi atau legalisasi aset tanahnya. Namun paling tidak pemilik tanah nantinya dapat mengetahui luas, bentuk, dan letak tanahnya secara pasti setelah dilakukan pengukuran dan pemetaan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Selatan.

Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2010 ini mendapatkan alokasi target Inventarisasi Penguasaan Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) sebanyak 1.000 bidang yang akan dilaksanakan di Desa Tanjung Heran dan Desa Pisang Kecamatan Penengahan masing-masing tiap desa targetnya 500 bidang.


 Foto Terkait